Ronaldo Ukir Rekor bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Dua Petuah Sakti

Kemenangan mutlak Timnas Indonesia atas Timor Leste diwarnai dengan rekor baru yang diukir pemain muda Ronaldo Kwateh, Kamis (27/1/2022). Ronaldo Kwateh ikut ambil bagian saat Timnas Indonesia melibas Timor Leste dengan skor 4 1 dalam FIFA matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali Ronaldo memulai pertandingan sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Dia diturunkan Shin Tae yong saat Timnas Indonesia dalam tertinggal 0 1. Saat menginjakkan kaki di lapangan, Ronaldo Kwateh baru berumur 17 tahun tiga bulan delapan hari. Catatan ini menjadi rekor debutan termuda bagi Ronaldo di level senior.

Meski masih belia, Ronaldo Kwateh tampak nyaman menjalani debutnya. Dia beberapa kali menunjukkan aksi individu yang merepotkan pertahanan Timor Leste. Bahkan, pada menit ke 64, Ronaldo Kwateh memberikan assist untuk Ricky Kambuaya yang mencetak gol penyeimbang untuk Timnas Indonesia.

Pasca laga, sanjungan setinggi langit diberikan Shin Tae yong kepada Ronaldo maupun Marselino Ferdinan. “Memang Ronaldo dan Marselino masuk babak kedua." "Ronaldo masuk dari awal babak kedua, Marselino baru masuk beberapa menit setelah babak kedua,” buka Shin Tae yong, dikutip dari Kompas.com.

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu meminta Ronaldo dan Marselino berpuas diri. Coach Shin memberikan petuah sakti kepada keduanya yang berstatus pemain termuda. “Saya sangat bisa merasakannya, para pemain harus punya kehausan dan kelaparan dalam sebuah permainan,” ucapnya.

Setelah berhasil menciptakan gol penyama lewat Ricky Kambuaya, penampilan Ronaldo cs makin trengginas. Peluang mencetak gol tercipta pada menit ke 71 saat Gumario melakukan handsball di kotak terlarang Timor Leste. Pratama Arhan yang menjadi algojo pun mencetak gol dari titik putih pada menit ke 72.

Selang tiga menit kemudian, Arhan kembali menjadi momok bagi Timor Leste. Lemparan ke dalam jarak jauhnya salah diantisipasi kiper Timor Leste sehingga bola pun masuk ke gawang sendiri. Blunder kembali terjadi di kotak terlarang Timor Leste pada menit ke 79.

Gol bunuh diri kembali terjadi setelah umpan lambung Arhan salah diantisipasi sehingga Skuat Garuda menjauh 4 1. Timnas Indonesia berusaha untuk menambah pundi pundi gol, tetapi gagal. Akhirnya, Timnas Indonesia pun menang telak 4 1 meski tertinggal lebih dulu.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan kembali menghadapi Timor Leste pada hari Minggu (30/1/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.