PayPal, Yahoo, CS GO, hingga Battlenet Diblokir Kominfo, Berikut Profil Singkat Platformnya

Sejumlah platform besar seperti Counter Strike: Global Offensive Battlenet, PayPal, Yahoo, dan juga Bing tidak dapat diakses, alias diblokir Kominfo. Berikut profil singkatnya. Pemblokiran platform yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat sejumlah Netizen di media sosial Twitter ramai menggaungkan hastag #blokirkominfo setelah. PayPal menjadi salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai 30 Juli 2022.

Bagi Anda yang sering belanja online di marketplace global, mungkin tidak asing dengan istilah PayPal. Sederhananya, PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online. PayPal merupakan perusahaan penyedia layanan elektronik yang memfasilitasi pembayaran antar pihak melalui transfer online. PayPal memungkinkan pelanggan untuk membuat akun di platformnya, yang terhubung ke kartu kredit atau rekening giro pengguna. Bisa dikatakan, PayPal adalah salah satu pembayaran digital paling populer di dunia. Saat ini saja PayPal sudah memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Di antara keunggulan dari PayPal adalah memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara. Semua transaksi ini dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online. Artinya, dengan memiliki akun atau rekening PayPal, pengguna bisa melakukan transaksi lintas batas atau melakukan belanja online lewat e commerce yang pelayanannya dari luar negeri. PayPal adalah layanan pembayaran digital yang dianggap memiliki tingkat keamanan cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Sebagai informasi, PayPal adalah perusahaan layanan keuangan yang berbasis di California Amerika Serikat. Salah satu pendirinya yakni Elon Musk yang juga dikenal sebagai perintis mobil listrik Tesla. Yahoo merupakan perusahaan internet ternama seperti Google. Perusahaan ini didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan resmi dibentuk pada 1 Maret 1995.

Selain terkenal dengan fitur mesin pencarinya, situs ini juga memiliki fitur lain seperti Yahoo News, Yahoo Answer, Yahoo Mail, hingga Yahoo Finance. Di Yahoo, para pengguna juga bisa memanfaatkan fitur periklanan, online mapping, video sharing dan akses sosial media. Bing adalah salah satu situs mesin pencari web yang berada di bawah naungan Microsoft.

Search engine merupakan mesin pencari web atau mesin penelusuran web yang memiliki fungsi sebagai program komputer yang memang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas berkas yang sudah disimpan dalam layanan, seperti www, ftp, publikasi milis ataupun newsgroup dalam sebuah atau sejumlah komputer dalam satu jaringan. Bing dapat digunakan untuk mencari situs, gambar, dan juga berita berita ataupun informasi. Counter Strike: Global Offensive merupakan sebuah permainan dengan mode FPS yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment.

Counter Strike Global Offensive dirilis pada tanggal 21 Agustus, 2012 dan dapat dimainkan pada Microsoft Windows, OS X, Xbox Live Arcade dan Playstation Network versi Amerika. Counter Strike: Global Offensive menampilkan fitur fitur klasiknya berupa peta yang ada dalam versi sebelumnya dan beberapa peta baru serta karakter tambahan. Permainan ini dapat dimainkan dengan menggunakan beberapa platform yang berbeda yaitu Windows, OS X dan PSN. Dikutip dari Wikipedia, permainan ini didesain dengan menjadikan pemain sebagai penembak.

Pemain dapat bergabung ke dalam kelompok Teroris ataupun Anti Teroris di mana pemain diharuskan untuk menyelesaikan beberapa misi ataupun melenyapkan kelompok musuh. Battlenet merupakan sebuah pusat permainan game video daring berbasis online yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Diluncurkan pertama kali pada Januari 1997, Battlenet adalah penyedia game online pertama yang melibatkan pemain untuk berpartisipasi secara langsung ke dalam game yang ingin dimainkan.

Dengan adanya fitur ini, pembuatan akun dapat dilakukan dengan mudah dan para pemain tidak harus membayar biaya tertentu. Hal inilah yang membuat Battlenet menjadi populer di kalangan gamers dan menjadi salah satu poin utama yang dijual dari Blizzard Entertainment. Sejumlah game yang terdapat pada Battlenet adalah Overwatch, Hearthstone, World of Warcraft, Heroes of the Storm.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah aplikasi karena belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat. Berikut daftar platform yang diblokir Kominfo sejak Sabtu (30/7/2022), dari Epic Games, Steam, Dota, hingga Counter Strike. Ada 10 aplikasi dari 100 SE terpopuler yang tak melakukan pendaftaran hingga akhirnya diblokir Kominfo. Maka Kominfo memberikan sanksi berupa pemutusan akses atau pemblokiran sementara kepada 10 aplikasi SE tersebut.

Pengumuman mengenai pemblokiran aplikasi oleh Kominfo disampaikan melalui Siaran Pers No. 308/HM/KOMINFO/07/2022 tentang Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. 1. Steam (PSE: Valve Corp) 2. Paypal (PSE: Paypal Pte. Ltd.)

3. Yahoo! (PSE: Yahoo LLC) 4. Bing (PSE: Microsoft) 5. Amazon (PSE: Amazon Inc)

6. Dota (PSE: Valve Corp) 7. CS GO (PSE: Valve Corp) 8. Battle Net (PSE: Blizzard Entertainment, Inc)

9. Origin (PSE: Electronic Arts) 10. Epic Games (PSE: Epic Games, Inc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.