Ingin Kirim Paket Dari Arab Saudi? Ketahui Beberapa Hal Penting Ini Sebelumnya!

Arab Saudi menjadi salah satu negara tujuan impor yang cukup diminati. Pasalnya, dari Arab Saudi, ada cukup banyak produk yang cocok dan menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan di Indonesia. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika banyak jasa ekspor barang turut menyediakan layanan impor dari negara tersebut.

Perlu dipahami bahwa membeli barang atau paket dari Arab Saudi tentu berbeda dengan melakukan transaksi yang sama di Indonesia –atau dalam negeri. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk mengirim paket dari Arab Saudi atau melakukan impor, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya.

Apa saja hal penting yang perlu diketahui sebelum impor dari Arab Saudi tersebut? Simak ulasannya!

Ketahui Beberapa Hal Penting Ini Sebelumnya!

Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Impor

Seperti yang disinggung sebelumnya, untuk melakukan impor, ada beberapa prosedur yang harus dipahami karena aktivitas impor, termasuk kirim paket dari Arab Saudi, berbeda dengan aktivitas transaksi di dalam negeri. Nah, ada beberapa hal penting yang mendasar untuk diketahui sebelum Anda melakukan impor.

Beberapa diantaranya adalah :

  1. Menentukan jenis barang impor

Saat hendak mengirim paket dari Arab Saudi, Anda perlu menentukan jenis barang tersebut sebelumnya. Ini adalah hal yang sangat penting karena ada aturan mengenai impor yang berlaku baik di Arab Saudi dan juga di Indonesia.

Terkait poin ini, Anda perlu mengenal HS Code yang merupakan kodifikasi barang impor yang tercantum dalam kepabeanan Indonesia. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan HS Code diantaranya adalah:

  • Menghitung bea masuk, PPH dan PPN
  • Menghindari masalah pengeluaran barang
  • Mengurus aspek impor barang sebelum melalukan pengiriman

Selain beberapa poin di atas, Anda juga perlu tahu informasi detail mengenai barang yang hendak dikirim. Pastikan jika barang tersebut tidak menyalahi aturan yang ada.

  1. Mengurus perizinan impor

Hal penting lain yang perlu dilakukan untuk mengirim paket dari Arab Saudi adalah mengurus perizinan impor. Ini adalah poin yang krusial dan tentu saja akan berpengaruh pada proses impor tersebut.

Selain itu, adanya perizinan untuk melakukan pengiriman paket menandakan bahwa impor tidak bisa dilakukan serampangan. Inilah alasan kenapa Anda perlu menggunakan jasa impor. Terlebih, jika paket yang hendak Anda kirim dari Arab Saudi tersebut memiliki jumlah yang besar.

  1. Menentukan forwarder yang tepat

Seperti disinggung sebelumnya, jasa impor diperlukan untuk memudahkan aktivitas impor tersebut. Tentu, Anda perlu menentukan jasa atau forwarder yang tepat untuk mengurus beragam keperluan impor.

Dalam hal ini, cek kapabilitas dari forwarder yang hendak Anda pilih tersebut. Pastikan Anda memilih forwarder yang terpercaya dan tentu memiliki layanan memuaskan termasuk mengecek estimasi yang diberikan untuk pengiriman tersebut.

  1. Menentukan jadwal pengiriman

Setelah semua persiapan dan kelengkapan dokumen sudah diatur, maka Anda bisa menentukan jadwal pengiriman paket tersebut dari Arab Saudi. Terkait jadwal pengiriman ini ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan forwarder untuk mendapatkan informasi. Tentu, secara umum, waktu pengiriman paket dari Arab Saudi ke Indonesia memerlukan waktu lebih lama.

Beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengiriman paket dari Arab Saudi. Untuk tambahan, jangan lupa mengecek biaya yang diperlukan perihal pengiriman tersebut.

Jika Anda ingin kirim paket dari Arab Saudi dengan mudah, maka Anda bisa menggunakan layanan kilo.id. Ya, dengan layanan kilo.id, mengirim paket dari Arab Saudi ke Indonesia akan cenderung lebih cepat dan aman serta biaya yang lebih terjangkau.

Deskripsi: kirim paket dari Arab Saudi bisa dilakukan dengan mudah menggunakan layanan kilo.id. Hanya saja, tentu Anda perlu mengetahui beberapa hal penting sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.